Implementasi Kerja Sama Stiepar Yapari-Politeknik Pariwisata Batam Melalui Program Pendampingan Publikasi Ilmiah

Kota Bandung, Selasa (25/10/2022) – Tim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI yang diwakili oleh Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Penerbitan Jurnal (LPPMJ), Titing Kartika, S.Pd., M.M., M.B.A. dan Editor TSJ, Septy Indrianty, S.Pd., M.Pd. melaksanakan pendampingan Publikasi Ilmiah dan Penerbitan Jurnal Pariwisata di kampus Politeknik Pariwisata Batam (Batam Tourism Politechnic/BTP). Kegiatan berlangsung selama dua hari yaitu pada 17-18 Oktober 2022.

Menurut Kepala LPPMJ STIEPAR YAPARI tersebut program pendampingan Publikasi Ilmiah dan Penerbitan Jurnal Pariwisata ini merupakan im,plementasi kerja sama antara STIEPAR YAPARI dan Politeknik Pariwisata Batam (BTP). Titing menjelaskan bahwa kegiatan hari pertama pendampingan (Senin, 17 Oktober 2022) disampaikan materi mengenai tata cara proses submit naskah di jurnal melalui Online Journal System (OJS).

Selain itu, Chief Editor Tourism Scientific Journal (TSJ) STIEPAR YAPARI tersebut juga menambahkan bahwa diberikan juga pemahaman mengenai plagiarisme dan bedah naskah untuk publikasi di jurnal nasional terakreditasi. Materi ini disampaikan secara lugas oleh Septy Indrianty.

Sementara itu pada hari kedua (Selasa 18 Oktober 2022), materi disampaikan oleh Titing Kartika terkait pengembangan ide proposal hibah Pendidikan Tinggi (Dikti) dan sistem sitasi naskah.

Wakil Direktur 1 Bidang Akademik BTP, Dr. Agung Edy Wibowo, S.E., M.Si dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa pentingnya publikasi ilmiah bagi seluruh dosen dalam rangka mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.  BTP terus berkomitmen dalam meningkatkan kinerja dosen melalui penelitian dan pengabdian baik berbasis dana internal maupun eksternal.

Pada kesempatan tersebut Titing menyampaikan terima kasih kepada BTP atas kesempatannya dapat hadir di Batam untuk sharing pengalaman terkait dengan Publikasi Ilmiah dan Penerbitan Jurnal Pariwisata. Hal ini juga menjadi bagian dari implementasi kerja sama STIEPAR YAPARI dengan Politeknik Pariwisata Batam.

Dalam pertemuan sebelumnya, Wakil Ketua III Bidang Kerja Sama dan Kehumasan STIEPAR YAPARI, Nova Riana, Dra., M.Si., CHE. menyampaikan pentingnya kolaborasi antar perguruan tinggi untuk sama-sama dapat meningkatkan kinerja dosen yang berdampak kepada kinerja Perguruan Tinggi. Demikian juga halnya Ketua STIEPAR YAPARI, Prof. Dr. Enok Maryani, M.S. mendukung bentuk kerja sama yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi kedua belah pihak.

Kegiatan pendampingan yang diikuti oleh para dosen Politeknik Pariwisata Batam (BTP) ini berjalan dengan lancar dengan menghasilkan draft naskah publikasi ilmiah dan pengembangan ide untuk proposal hibah Dikti, terutama skema dosen pemula. Naskah yang memenuhi syarat penerbitan jurnal dapat dilanjutkan dengan proses submission di Tourism Scientific Journal, STIEPAR YAPARI Bandung. (TK)