STIEPAR YAPARI Bandung Gelar Seminar Pariwisata di Bali

Seminar berlangsung di Hotel Harris Riverview, Kuta , Bali pada Jumat, 15 Juli 2022.

Kota Bandung, Senin (18/07/2022) – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI Bandung menggelar kegiatan Seminar Pariwisata Kuliah Lapangan Pariwisata Bali 2022 (KLP Bali 2022) yang diselenggarakan di Hotel Harris Riverview, Kuta, Bali  pada Jumat, 15 Juli 2022. Hotel tersebut merupakan tempat peserta KLP Bali 2022 menginap.

Lokasi Hotel Harris Riverview dipilih bukan tanpa alasan. Hotel ini sangat strategis karena terletak di kawasan Jalan Kuta yang ramai dan merupakan salah satu pusat destinasi wisata di Bali. Para peserta KLP Bali 2022 bisa dengan mudah untuk menuju ke kawasan wisata, bisnis, dan komersial, seperti Pantai Kuta, Hard Rock Cafe, Kuta Central Park, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, hotel ini hanya berjarak kurang lebih 15 menit perjalanan untuk mencapai Bandara Internasional Ngurah Rai.

Seminar Pariwisata bertema “Paradigma Pariwisata Bali Pasca Covid” tersebut erat kaitannya dengan kegiatan Kuliah Lapangan Pariwisata yang dilaksanakan oleh STIEPAR YAPARI pada 12-16 Juli 2022 lalu. Kegiatan KLP Bali 2022 tersebut diikuti 171 peserta mahasiswa dari tiga program studi yaitu  Program Studi S1 Manajemen, Program Studi D3 Perhotelan, dan Program Studi D3 Usaha Perjalanan Wisata), serta tujuh dosen pembimbing lapangan dan tiga karyawan

Acara Seminar Pariwisata diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Ketua STIEPAR YAPARI, Prof. Dr. Enok Maryani, M.S. Dalam sambutannya Enok menekankan pentingnya kuliah lapangan pariwisata sebagai bentuk pembelajaran nyata untuk mendapatkan pengalaman lapangan yang lebih komprehensif.

Hadir sebagai narasumber seminar adalah Putu Winastra dari Dewan Pimpinan Daerah  Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (DPD ASITA) Bali yang menyampaikan materi berjudul “Paket Wisata dan Pemasaran Pariwisata Bali”

Narasumber lainnya adalah Nyoman Nuarta dari Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Parmuwisata Indonesia Bali (DPD HPI Bali) yang menyampaikan materi bertajuk “Perubahan Perilaku dan Pola Perjalanan Wisata” dan Sang Putu Eka Pertama dari Dewan Pimpinan Daerah Association of Hospitality Leaders Indonesia Bali (DPD AHLI Bali) yang mengangkat tema “Business Landscape Shifting Due Covid-19

Kegiatan seminar pariwisata berlangsung interaktif dipandu oleh Titing Kartika, S.Pd., M.M., M.B.A. sekaligus sebagai Ketua Bidang Akademik dan Seminar KLP Bali 2022. Alumni Pendidikan S1 Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta (NJ), serta alumni Program Beasiswa Unggulan (PBU) Double Master Degree di Universitas Sahid Jakarta untuk program Magister Manajemen Pariwisata dan di Universiti Utara Malaysia (UUM) program Master of Business Administration (MBA) in Tourism and Hospitality Management (2007-2009) ini begitu piawai membawakan acara sehingga suasana seminar berlangsung hidup dan tidak membosankan.

Kunjungan lainnya yaitu ke Hotel Four Point dan Hotel Bali Tropic, serta ke pusat penjualan oleh-oleh yaitu Pusat Pembuatan Pie Susu “Dewata Agung” yang terletak di Jalan Letda Kajeng, Kota Denpasar, Bali, dan Pusat Oleh-Oleh “Krisna Nusa Indah” yang terletak Jalan Nusa Indah, Kota Denpasar, Bali