STIEPAR YAPARI Gelar PROSPEKKU 2023

Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (09/09/2023) – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI menggelar PROSPEKKU (Program Orientasi Studi, Pengenalan Kampus, dan Kuliah Umum). Kegiatan berlangsung dari tanggal 4-7 September 2023 dengan mengusung tema “Terus Melaju untuk Pariwisata Lebih Maju”.

Terdapat beberapa kegiatan selama PROSPEKKU 2023 berlangsung, di antaranya kegiatan yang wajib disampaikan kepada mahasiswa baru meliputi: kegiatan akademik dan layanan kemahasiswaan di perguruan tinggi, pengenalan nilai etika, sikap, hospitality manner, sukses belajar dan persiapan penyesuaian diri di kampus, serta mengenai informasi organisasi kemahasiswaan.

Materi lain mencakup pemaparan  dari berbagai nara sumber seperti, Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Pembinaan Kesadaran Bela Negara, serta pengetahuan terkait dengan generasi anti perundungan dan kekerasan seksual, generasi anti narkoba, informasi tentang perpajakan, informasi dari setiap Program Studi (Prodi) dan sharing session dari alumi STIEPAR YAPARI.

Ketua PROSPEKKU 2023, Dr. Taufiq Hidayat, S.Sos., M.M. menyampaikan bahwa PROSPEKKU 2023 yang berlangsung selama empat hari (4-7 September 2023) tersebut diharapkan akan menjadi sarana pembekalan yang efektif untuk mahasiswa baru sehingga mereka dapat mempersiapkan diri memasuki dunia perkuliahan di perguruan tinggi, khususnya di STIEPAR YAPARI Bandung.

Pada hari pertama PROSPEKKU (Senin, 4 September 2023) diselenggarakan Sidang Terbuka Senat Akademik STIEPAR, sekaligus sebagai upacara penerimaan mahasiswa baru angkatan 2023. Ketua STIEPAR YAPARI Prof. Dr. Enok Maryani, M.S. dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa sektor pariwisata saat ini dan ke depan akan membutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki kompetensi agar berdaya saing.

“Kesiapan SDM tidak hanya mementingkan hard skill semata. Namun, soft skill juga harus dimiliki oleh setiap mahasiswa pariwisata. STIEPAR YAPARI sebagai Pendidikan Tinggi di bidang pariwisata memiliki peran penting dalam mempersiapkan SDM tersebut,” ungkap Enok.

Ketua STIEPAR YAPARI tersebut menambahkan bahwa pihaknya mengucapkan selamat atas keberhasilan mahasiswa baru bergabung di kampus pariwisata tersebut.

“Kami segenap civitas academica STIEPAR YAPARI mengucapkan selamat bergabung kepada seluruh mahasiswa baru, menjadi bagian dari keluarga besar STIEPAR YAPARI,” pungkas Enok.

Kegiatan PROSPEKKU 2023 ditutup dengan kerja bakti dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa di kawasan Jalan Braga, Kota Bandung. Kerja bakti meliputi pembersihan kawasan tersebut yang dilaksanakan atas kerja sama antara STIEPAR YAPARI dengan Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung dan tim Gorong-gorong dan Kebersihan (Gober)

Camat Sumur Bandung, Dra. Hj. Wahyu Rinjaningsih, M.M., dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa STIEPAR YAPARI Bandung untuk melaksanakan pembersihan kawasan Jalan Braga.

“Seperti yang kita ketahui Braga adalah salah satu ikon Kota Bandung yang menjadi cagar budaya. Terkait hal itu diperlukan kesadaran dari setiap generasi untuk menjaganya termasuk dalam aspek kebersihannya,” jelas Wahyu, “Mudah-mudahan aksi bersih-bersih ini juga dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda lainnya,” pungkasnya.(TK/PMN)