STIEPAR YAPARI Gelar Wisuda ke-34 di The Trans Luxury Hotel Bandung

Wisuda berlangsung secara luring dengan Tema “Membentuk Insan Kreatif dan Kompetitif”

Ketua STIEPAR YAPARI Prof. Dr. Enok Maryani, M.S., sedang mewisuda salah satu lulusan STIEPAR YAPARI yang berlangsung di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung pada Rabu (18/05/2022) kemarin – (Sumber: Humas STIEPAR YAPARI)

Kota Bandung, 19 Mei 2022Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI Bandung menggelar wisuda ke-34 bertema “Membentuk Insan Kreatif dan Kompetitif” di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung pada Rabu (18/05/2022) kemarin. Wisuda tahun ini kembali dilaksanakan secara luring setelah tahun lalu berlangsung secara blended (daring dan luring) dikarenakan kondisi pandemi covid-19.

Pada tahun ini wisuda diikuti oleh 183 mahasiswa dari tiga prodi, yakni Prodi S1 Manajemen sebanyak 65 orang, Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata 15 orang, dan Prodi D3 Perhotelan sebanyak 103 orang. Kegiatan berlangsung secara khidmat dan lancar. Selain dihadiri para orang tua wisudawan, turut hadir pula beberapa tamu undangan dari berbagai perwakilan dan mitra STIEPAR, baik perguruan tinggi mitra, industri, asosiasi, maupun pemerintah.

Suasana Sidang Terbuka Senat Akademik STIEPAR YAPARI Bandung pada acara Wisuda ke-34 pada Rabu (18/05/2022) kemarin di The Trans Luxury Hotel Bandung (Sumber: Humas STIEPAR YAPARI)

Para tamu undangan dan para wisudawan STIEPAR YAPARI Bandung yang hadir pada acara prosesi wisuda yang berlangsung pada Rabu (18/05/2022) kemarin di Trans Luxury Hotel Bandung (Sumber: Humas STIEPAR YAPARI)

Wisuda yang menjadi agenda tunggal Sidang Terbuka Senat Akademik dibuka oleh Ketua Senat Akademik STIEPAR, Prof. Dr. Elly Malihah, Dra., M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Ketua STIEPAR YAPARI Prof. Dr. Enok Maryani, M.S., Ketua Yayasan YAPARI AKTRIPA Prof. Dr. Encep Syarief Nurdin, Drs., M.Pd., M.Si., dan dari Kepala LLDIKTI Wilayah IV Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T.

Mempersiapkan Lulusan yang Kreatif dan Kompetitif

Dalam sambutannya, Ketua STIEPAR YAPARI menyampaikan bahwa STIEPAR terus berkomitmen untuk menciptakan insan yang kreatif dan kompetitif, khususnya di dunia pariwisata, seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi di era digital saat ini. Hal ini dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan berbagai mitra dan penyesuaian kurikulum sesuai dengan kebutuhan para pengguna lulusan. Sementara itu Kepala LLDIKTI Wilayah IV mengingatkan kepada para wisudawan, selain penguatan keilmuan, lulusan juga harus memiliki nilai karakter.

Sambutan Kepala LLDIKTI Wilayah IV Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T. (Sumber: Humas STIEPAR YAPARI)

Dalam upacara wisuda tersebut juga diumumkan sembilan mahasiswa-mahasiswi terbaik dari ketiga program studi, di antaranya berasal dari Prodi S1 Manajemen yaitu Hiasinta Hiani, S.M., Salma Putri Effendi, S.M., dan Jessi febiola Sihombing, S.M.

Lulusan terbaik dari Prodi D3 Perhotelan adalah Richie Reynaldi, A.Md., Aulia Nurul Sabila, A.Md., dan Alma Adelia, A.Md., sedangkan luusan terbaik dari Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata adalah Tantri Ainun Mardia, A.Md., Friska Novianti, A.Md., dan Vania Pouwline, A.Md.

Rangkaian acara lainnya adalah pembekalan wisudawan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Drs. Erick Henriana, M.Si (Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Jawa Barat.) Kemudian acara penyerahan simbolik alumni dari Ketua STIEPAR YAPARI kepada IKA STIEPAR YAPARI yang diterima oleh perwakilan IKA STIEPAR, Tata Dibrata  A.Md. Par., S.E., M.M.Par.

Sejauh ini, STIEPAR YAPARI telah menghasilkan lulusan yang tak hanya bekerja di dalam dan luar negeri, tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan menjadi wirausahawan seperti di industri perhotelan, usaha perjalanan wisata, destinasi, maupun bidang terkait lainnya.

Dalam Wisuda ke-34, STIEPAR YAPARI juga memberikan apresiasi kepada dua dosen yang telah mencapai masa bakti 25 tahun yakni Prof.Dr. Bunyamin Maftuh, M.A., dan Dr. Bambang Hermanto, M.Si.

Semoga STIEPAR YAPARI semakin sukses dalam mengemban visi dan misinya, serta terus berkontribusi bagi pembangunan pariwisata di Indonesia. (TK).