Organisasi Kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan STIEPAR YAPARI-AKTRIPA adalah sarana pengembangan diri mahasiswa di bidang soft skills dan life skills sehingga mahasiswa memiliki wawasan yang luas, mental yang kuat  dan integritas.

  1. Bentuk dan Kedudukan
    Organisasi kemahasiswaan terdiri atas Senat Mahasiswa STIEPAR YAPARI-AKTRIPA, Himpunan Mahasiswa Jurusan, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Secara keseluruhan organisasi kemahasiswaan terdiri atas:
    1. Senat Mahasiswa STIEPAR YAPARI-AKTRIPA, merupakan organisasi mahasiswa dan perwakilan mahasiswa di STIEPAR YAPARI-AKTRIPA. Secara struktural Senat Mahasiswa bertanggungjawab kepada Ketua STIEPAR YAPARI-AKTRIPA melalui Puket III.
    2. Himpunan Mahasiswa Jurusan berkedudukan di tingkat jurusan, bertanggung jawab kepada Ketua Jurusan. Dalam hubungannya dengan bidang akademik di bawah tanggung jawab Puket I dan bidang operasional di bawah tanggung jawab Puket III.
    3. Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya :
      Unit Kegiatan Mahasiswa selain SEMA dan HIMA, merupakan organisasi kemahasiswaan yang terkait dengan minat dan bakat mahasiswa, bertanggung jawab kepada Puket III dibawah koordinasi Ketua Senat Mahasiswa.
      UKM lainnya yang ada di STIEPAR YAPARI-AKTRIPA adalah :
      1. Teater Keung
        Teater Keung adalah organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang seni peran yang difokuskan pada bidang teater.
      2. HIPAMA (Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam)
        Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (HIPAMA) adalah organisasi kemahasiswaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap alam dan lingkungan hidup.
      3. Kesenian dan Olahraga
        Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian dan Olahraga adalah organisasi kemahasiswaan yang mewadahi mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat mereka di bidang kesenian dan olahraga. Kegiatan kesenian dan olahraga yang aktif saat ini adalah:
        1. Paduan Suara
        2. Angklung
        3. Basket
        4. Futsal
      4. Perhimpunan Mahasiswa Kristen (PMK)
        Perhimpunan Mahasiswa Kristen (PMK) adalah organisasi kemahasiswaan yang mewadahi mahasiswa yang beragama kristen yang aktivitasnya bergerak di bidang pengembangan kemampuan spiritual dan pengembangan diri.
      5. Himpunan Mahasiswa Islam (HIMASIS)
        Himpunan Mahasiswa Islam (HIMASIS) merupakan organisasi mahasiswa muslim yang kegiatannya terkait dengan pengembangan kemampuan spiritual islami.
  2. Tugas Pokok
    1. Senat Mahasiswa mempunyai tugas pokok mewakili mahasiswa dan mengkoordinasikan organisasi kemahasiswaan, merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat pengembangan diri di bidang keilmuan, keterampilan sosial, minat dan bakat, kesejahteraan mahasiswa, dan pengabdian pada masyarakat.
    2. Semua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dikoordinasikan oleh Senat Mahasiswa, bertanggung jawab kepada Puket III.
    3. Himpunan Mahasiswa Jurusan mempunyai tugas pokok merencanakan dan melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan sesuai dengan program studinya.
  3. Fungsi
    1. Senat Mahasiswa STIEPAR YAPARI-AKTRIPA berfungsi menampung dan menyalurkan seluruh aspirasi mahasiswa dan, menetapkan garis-garis program kegiatan kemahasiswaan dan mengkoordinasikannya kepada HIMA dan UKM lainnya.
    2. Keanggotaan dan kepengurusan Senat Mahasiswa diatur tersendiri di dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Senat Mahasiswa STIEPAR YAPARI-AKTRIPA.