Kuliah Lapangan Pariwisata Bali 2017
Kategori: Umum - Dibaca: 871 kali

Pada tanggal 15 – 19 April 2017, STIEPAR menyelenggarakan Kuliah Lapangan Pariwisata (KLP) Bali. Kegiatan ini merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa STIEPAR semester 2, karena keikutsertaan mahasiswa dalam KLP ini menjadi salah satu syarat untuk menempuh ujian sidang. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan lapangan ini adalah untuk menumbuhkembangkan daya analitis para mahasiswa dalam menyikapi permasalahan kepariwisataan, yang mencakup pengembangan, pengelolaan, dan pemasaran pariwisata.

Para peserta KLP 2017 berkumpul di Stasiun Kereta Api Bandung pukul 06.00 WIB. Kereta bertolak dari Bandung pada 08.30 dan tiba di Stasiun Gubeng Surabaya pada pukul 20.19. Selanjutnya para peserta melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bis yang telah disediakan. Pukul 05.00 peserta tiba di Ketapang untuk menyeberang ke Gilimanuk dengan menggunakan kapal ferry. Peserta berhenti sejenak di Krisna Restaurant Singaraja untuk sarapan pagi kemudian beranjak menuju Objek WIsata Bedugul – Danau Daratan dan Ulun Danu Temple. Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang di Taman Sari Resto dan Kunjungan ke Jogger (Baju kaos khas Jogger). Para Peserta kemudian melanjutkan kunjungan ke Tanah Lot untuk menikmati Sunset dan melakukan observasi. Perjalanan pun dilanjutkan ke Grafika Kuta untuk makan malam dan kegiatan hari pertama diakhiri dengan Check in di Kuta Central Park Hotel.

Pada hari kedua, setelah santap pagi para peserta melakukan Academic visit sesuai dengan kelompok dan tema yang telah ditentukan dengan bersama dengan pembimbing masing-masing. Setelah melaksanakan Academic Visit, kunjungan dilanjutkan ke Desa Wisata Taman Anyar, Pantai Pandawa, dan Garuda WIsnu Kencana. Kegiatan hari kedua pun ditutup dengan makan malam di Jimbaran (The Ocean Food).

Selasa, 18 April 2017, para peserta menuju Batu Bulan untuk menyaksikan atraksi Barong and Kris Dance. Kunjungan dilanjutkan ke Objek Wisata Tampak Siring-Tirta Empul. Selanjutnya, para peserta bersantap siang sambil menikmati pemandangan Danau Gunung Batur. Kegiatan dilanjutkan mengunjungi desa adat Panglipuran. Kegiatan ditutup dengan makan malam di Dewata oleh-oleh Bali. Keesokan harinya, selepas santap pagi, para peserta bersiap untuk check out kemudian bertolak ke Bandara Ngurah Rai untuk pulang ke Bandung. Rombongan KLP Bali 2017 tiba di Bandara Husein Sastranegara pada pukul 07.30 pagi.

Kegiatan Kuliah Lapangan Pariwisata Bali 2017 ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para peserta, khususnya para mahasiswa STIEPAR. Para peserta dapat mengamati langsung bagaimana sistem manajemen transportasi yang digunakan dalam kegiatan KLP ini dan juga pengelolaan objek wisata di Bali sehingga menjadi pembelajaran bagi para mahasiswa. Hasil kegiatan observasi di Bali, selanjutnya dipresentasikan dalam sebuah seminar sehingga pemahaman mahasiswa lebih komprehensif. (tk/aa)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar :
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

  Terkini  
  Terpopuler