KULIAH UMUM STIEPAR YAPARI-AKTRIPA
Kategori: Umum - Dibaca: 4206 kali

KULIAH UMUM STIEPAR YAPARI-AKTRIPA

STIEPAR YAPARI-AKTRIPA menggelar Kuliah umum bertemakan “Peran Lembaga Pendidikan Kepariwisataan dalam Pengembangan SDM Pariwisata guna Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia, Rabu (12 Oktober 2016) di aula STIEPAR. Kuliah umum tersebut menghadirkan sebagai narasumber Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd.,APU yang merupakan seorang ahli di bidang Kepariwisataan dan dibuka langsung oleh Dr. Bambang Hermanto, M.Si (Ketua STIEPAR) dan diikuti sekitar 300 civitas akademika.

Dalam Kuliah Umum tersebut Prof. Dr.Sedarmayanti memaparkan Pengembangan merupakan kata kunci yang tidak dapat dihindari berkaitan dengan sektor pariwisata terutama faktor sumber daya manusia (SDM) guna mengantisipasi datangnya arus informasi dan perdagangan bebas di kawasan dunia.

Prof. Dr. Sedarmayanti memaparkan ada tujuh kesimpulan dari kuliah umum tersebut yaitu :

  1. Percepatan pemulihan stabilitas politik dan keamanan dalam negeri sehingga diharapkan dapat menghapus stigma keberadaan teroris  di Indonesia. Hal ini akan berpengaruh terhadap menguatnya  tingkat kepercayaan kepariwisataan di Indonesia.  
  2. Sektor pariwisata merupakan sektor tersier dimana preferensi   wisatawan sangat ditentukan oleh tingkat kenyamanan, maka  dukungan sarana dan prasarana untuk meningkatkan aksesibilitas  ke lokasi obyek wisata mutlak dibutuhkan.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia sebagai  pelaku kebijakan dalam bidang kepariwisataan melalui jenjang  pendidikan  yang  bersifat  formal  maupun non formal.
  4. Mengembangkan kemitraan dengan lembaga pendanaan (bank maupun non-bank) baik lembaga  pemerintah  maupun  swasta  untuk menciptakan investasi  baru  dalam  rangka mengembangkan daerah tujuan wisata. 
  5. Untuk mencapai keberhasilan pengembangan kegiatan pariwisata,  harus dilakukan secara koordinatif dan terpadu antar semua pihak  yang terkait sehingga terwujud keterpaduan lintas sektoral dan menghindari terjadinya konflik antar sector.
  6. Peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata dan pelaksanaan pembangunan.
  7. Melaksanakan program-program promosi yang efektif secara berkesinambungan, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata   baik wisatawan  manca  Negara maupun wisatawan nusantara.

STIEPAR YAPARI - AKTRIPA Bandung yang merupakan lembaga pendidikan khusus pariwisata harus mencetak lulusan yang memiliki kompetensi berstandar global untuk mendukung sektor pariwisata Indonesia. (Adm).




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar :
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

  Terkini  
  Terpopuler