DOSEN STIEPAR BERPARTISIPASI PADA PROGRAM PENGEMBANGAN SADAR WISATA KEMENTRIAN PARIWISATA RI
Kategori: Umum - Dibaca: 95803 kali

Dalam rangka meningkatkan pembangunan pariwisata di Indonesia, Kementrian Pariwisata bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dan Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Barat dengan melaksanakan Workshop Sadar Wisata Program Pengembangan Kepariwisataan APBN Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2015. Workshop ini menurut rencana akan dilaksanakan di 18 Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

Para peserta workshop yang hadir meliputi perwakilan masyarakat, Kompepar (Kelompok Penggerak Pariwisata) dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di Kota/Kabupaten Provinsi Jawa Barat. Seperti yang kita ketahui bahwa Jawa Barat memiliki potensi wisata baik alam, budaya maupun sejarah. Dalam proses pengelolaannya diperlukan upaya pengembangan yang optimal yang tentunya melibatkan sumber daya manusia. Melalui program workshop ini diharapkan akan membangun keasadaran terhadap pembangunan parwisata dimana didalamnya melibatkan lintas sektor dan multi stakeholders.

STIEPAR sebagai Perguruan Tinggi Pariwisata turut berpartisipasi dalam menyukseskan program Pengembangan Sadar Wisata diantaranya mengikutsertakan para dosen dalam BIMTEK (Bimbingan Teknis) Penyuluh Sadar Wisata yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2015. Sebagai tindak lanjut, penyuluh sadar wisata kemudian melaksanakan tugas ke Kota/Kabupaten sebagai trainer sadar wisata. Beberapa dosen yang telah melaksanakan tugas sebagai penyuluh sadar wisata diantaranya Ibu Nova Riana, Dra. M.Si.   sebagai nara sumber di Kabupaten Subang (13 Oktober 2015) dan Ibu Titing Kartika, S.Pd., M.M.Par., MBA.Tourism di Kabupaten Purwakarta (15 Oktober 2015).

Dalam pembangunan pariwisata dibutuhkan sinergitas dengan berbagai sektor.Diharapkan melalui workshop tersebut maka peran dan fungsi lintas sektor terhadap pembangunan pariwisata khususnya di masing-masing daerah dapat dipahami. Dengan demikian kemajuan pariwisata daerah akan menopang pembangunan pariwisata secara nasional. (TK/Adm).




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar :
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

  Terkini  
  Terpopuler