STIEPAR MENGGELAR SEMINAR DAN WORKSHOP SPMPT (SISTEM PENJAMINAN MUTU PERGURUAN TINGGI)
Kategori: Umum - Dibaca: 1562 kali

peserta workshopSTIEPAR menggelar Seminar dan Workshop SPMPT (Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi) selama dua hari  dari tanggal 21 hingga 22 Januari 2015. Kegiatan tersebut dibuka oleh Puket III Bidang Kemahasiswaan Kerja Sama, dan Bursa Kerja, Dr. Diana Simanjuntak, Dra., M.Si. Sebagai nara sumber hadir Lia Afriza, S.E., M.M (Puket I bidang Akademik) dan Emron Edison, S.E., M.M sebagai Kepala SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) Prodi D3 Perhotelan. Sementara para peserta dari kegiatan tersebut adalah para dosen STIEPAR yang mengampu mata kuliah yang berbeda.

Ketua penyelenggara Seminar dan Workshop Nova Riana, Dra., M.Si. sekaligus sebagai Ketua Prodi Perhotelan menyampaikan beberapa hal teknis dalam kegiatan tersebut diantaranya setelah para peserta menyimak materi yang disampaikan oleh nara sumber, peserta akan membentuk tim kerja yang disesuaikan dengan prodi masing-masing yang ada di STIEPAR yaitu Prodi D3 Perhotelam, D3 Usaha Perjalanan Wisata(UPW), dan S1 Manajemen Pariwisata.

Dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh Puket I bahwa Sistem Penjaminan Mutu mencakup dua aspek utama yaitu SPMIpeserta workshop 2 (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dan SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal). SPMI adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu Pendidikan Tinggi (PT) di PT oleh PT, untuk mengawasi penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh PT secara berkelanjutan yang bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, melalui penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, dalam rangka mewujudkan visi serta memenuhi kebutuhan stakeholders.

Selanjutnya, pencapaian tujuan penjaminan mutu melalui SPMI, akan diakreditasi melalui sistem penjaminan mutu eksternal (SPME) oleh BAN-PT dan/atau lembaga mandiri lainnya (nasional, regional dan internasional) yang diakui Pemerintah.

Berdasarkan PP No. 19 Tahun 2005 menetapkan Tentang Standar Nasional Pendidikan menetapkan  8 (delapan) standar yang wajib dalam SPMI, yaitu: 1. Standar Isi, 2. Standar Proses, 3. Standar Kompetensi, 4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 5. Standar Sarana dan Prasarana, 6. Standar Pengelolaan, 7. Standar Pembiayaan dan 8. Standar Penilaian Pendidikan. Sementara itu, untuk STIEPAR, terdapat penambahan empat standar yaitu: 1. Standar Kemahaiswaan, 2. Standar Suasana Akademik, 3. Standar Bursa Kerja, dan 4. Standar Kerjasama

Pada akhir kegiatan seminar, tim kerja Prodi melaporkan hasil pembahasannya meliputi pembuatan data prosedur, data mata kuliah, data instruksi kerja, data modul dan praktikum dan data formulir yang telah dipandu oleh nara sumber. (Adm/TK)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar :
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

  Terkini  
  Terpopuler